5 Spot Diving Terbaik di Raja Ampat

Raja Ampat, semua orang menjulukinya surga. Gugus pulau yang cantik, ditambah alam bawah laut seindah nirwana. Raja Ampat, Papua menunggu Anda menyelami 5 titik terbaiknya.

Raja Ampat punya banyak diving spot yang digilai para diver dunia di kawasan seluas 4,6 juta hektar itu. Sudah banyak diver yang menyelam di daerah kepala burung Papua itu, termasuk Miss Scuba International 2011 Dayu Hatmanti.
Underwater Misool Raja Ampat

Miss Scuba International adalah ratu kecantikan yang memiliki misi sebagai duta pelestarian laut. Miss Scuba bertugas menjadi inspirasi banyak orang untuk sama-sama menjaga lautan di dunia. Dia pun mempromosikan praktik diving yang aman lewat berbagai organisasi pelatihan diving dunia sekaligus mengangkat potensi budaya dan wisata.

Dayu berbagi tempat diving terbaik menurut dia, di Raja Ampat. Dayu mengatakan saking luas dan indahnya Raja Ampat, para diver menyelam dengan dua gaya.

Mereka bisa memakai model liveaboard, naik kapal menuju dive spot. Para diver juga bisa memilih menyelam di sekitar resor tempat mereka menginap. Berikut ini, spot diving favorit pilihan Dayu.

1. Mansuar Island

Dayu memilih diving di dekat resor menginap. Tempatnya adalah Mansuar Island. Mansuar adalah salah satu favorit diver untuk melihat manta dan penyu.

"Saya menginap di Mansuar Island, lokasinya di tengah Raja Ampat banget," kata Dayu.

2. Chicken Reef

Chicken Reef adalah gugus terumbu karang dengan sifat yang unik. Arusnya kuat di bagian atas, namun begitu Anda menyelam suasananya berubah tenang dan santai.

"Chicken Reef di atasnya bergelombang besar, tapi di bawahnya tenang banget," jelas Dayu.

3. Mike's Point

Mike's Point diberkahi dengan semua biota laut yang dicari para diver. Dayu suka dengan ikan-ikan besar, ikan kecil dan karang berwarna-warni

"Masuk ke Mike's Point juga keren, ada terowongan karang gitu," kata dia.

4. Manta's Point

Manta's Point adalah diving spot favorit di perairan Pulau Arborek. Dari namanya, inilah tempat favorit untuk bertemu manta, alias ikan pari.

5. Blue Magic

Blue Magic yang memiliki kawanan ikan menjadi daya tarik untuk para diver. Selain itu ada juga hiu wobbegong alias hiu karpet yang bisa ditemui di sini.

"Pertama lihat wobbegong takjub, rupanya di Raja Ampat banyak wobbegong. Mereka biasanya sendirian," kata Dayu.

Sumber: travel.detik.com